Wednesday, November 22, 2017

Mencari Eksistensi Diri / Sebuah Nasihat (PART 5)



Kita tahu, hidup di dunia ini bukanlah hanya sekedar mencari kesenangan. Dunia adalah ladang untuk melangitkan perbekalan. Dunia ini tidak sia-sia diciptakan oleh Sang Maha. Ada banyak rahasia yang tak pernah terungkap, masihkah kita merasa tinggi dihadapanNya? Sungguh manusia mudah terperosok dalam pujian dan hinaan.

Tentu kita sebagai manusia menginginkan kebahagiaan serta kenikmatan yang ada. Dan ketika masalah datang menghampiri, apa yang akan kita lakukan? Tanpa sadar kita selalu mengeluh dan tak peduli dengan permasalahan yang dihadapi. Tak peduli dengan segala rencanaNya. Padahal Tuhan selalu ingin membuat hambaNya sadar dan berpikir bahwa Dia selalu menjanjikan dan menempatkan yang terbaik bagi kita sebagai hamba. Karena kurangnya pengetahuan dan malasnya kita untuk merenungkan semuanya, hal yang paling hina adalah... kita seolah tak sadar berprasangka buruk dan menyalahkan rencanaNya.

Terkadang diri ini sulit mempercayai kenyataan, mengakui kenyataan dan menjalani kenyataan. Kita tak seharusnya bergelut dengan pertarungan batin yang menyakitkan, sehingga membuat raga kita terpisah dari jiwanya. Apapun kenyataan yang telah tiba, senantiasa kita harus melakoninya. Karena dari sanalah kita dapat meningkatkan level kualitas kehidupan.

Tuhan merindukan kita, Dia ingin kita dekat denganNya. Maka, kita diberi berbagai macam ujian, permasalahan agar kita selalu mengingatNya. Tak ada jalan lain, sembahan lain dan berbagai pertolongan selain dari Robbul 'alamiin.

Kita harus percaya... tak ada usaha yang berakhir sia-sia. Sekecil apapun usaha yang telah dilakukan, pasti menemukan sinarnya sendiri. Keliru jika kita tak mempercayai kenyataan masing-masing dan malah lari ke jalan yang tak sedikit pun kita ketahui. 


Semua permasalahan pasti ada cara jalan keluarnya. Mustahil jika kita bersungguh-sungguh dan berusaha untuk tetap berada di jalanNya tetapi tidak diberi sedikitpun kekuatan dan kemudahan. Hal itu sangatlah mustahil.

Tuhan Mahaadil, dan kita selalu saja enggan untuk mengerti tentang keadilanNya. Ketika ujian datang menghampiri, seolah-olah kitalah yang paling berat menanggung masalah. Mengeluh tiada henti dan malas mencari jalan keluar. Celakalah kita jika terlarut dalam suatu permasalahan lalu menyerah tanpa mencari solusi.

Tuhan Mahatahu, tak ada yang lebih tahu selain dariNya. Hanya saja kita terkadang terlalu cepat mengambil keputusan dan menyerah di tengah jalan. Padahal pencapaian kita hanya tinggal separuh jalan. Dan setelah itu kita akan mendapatkan "mutiara" yang selama ini kita dambakan.

0 comments:

Post a Comment